Jumat, 04 Januari 2013

Manfaat Teh Hijau


Dibalik khasiat teh hijau minuman lezat menyehatkan

Siapa sih yang nggak kenal minuman bernama teh? Hampir semua orang pastinya mengenal minuman yang satu ini bukan? Bahkan mungkin diantara kita menjadi penggemar teh. Begitu juga saya setiap hari mengkonsumsi minuman ini loh hehehehee. Nah sekarang cari tahu lebih dalam tentang khasiatnya yukkkk. Ini hasil copas  dari buku sebelah :D

Tidak dapat dipungkiri, teh adalah minuman yang sering dikonsumsi. Apalagi seringkali teh dijadikan sajian bersama makanan ringan disore hari. Aroma teh yang segar menjadikan minuman ini digemari hampir semua usia. Lebih dari itu teh mengandung banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Penelitian selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa teh memiliki zat-zat yang berguna bagi tubuh manusia.
Tak heran jika teh juga disebut dengan minuman kaya manfaat. Beberapa zat yang terkandung dalam teh diantaranya adalah polifenol.
Dengan adanya kandungan polifenol maka teh merupakan salah satu minuman yang baik untuk anti oksidan. Bahkan salah satu manfaat teh yaitu untuk mencegah perkembangan sel kanker. Untuk itu mengkonsumsi teh sangat bagus bisa menjadi penawarnya.

Manfaat teh:
* Teh dengan kehalusan kulit ternyata ada hubungannya juga. Teh mengandung banyak vitamin E. Vitamin E adalah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan untuk menghaluskan kulit. Dengan kandungan vitamin E yang melimpah maka teh juga baik untuk jantung.
* Mengandung vitamin C, menjadikan teh sebagai minuman anti oksidan. Dengan mengkonsumsi teh  secara teratur maka akan memiliki kekebalan tubuh dan tidak mudah sakit.
* Mengandung Vitamin A, berbentuk betakarotin dan ini sangat baik bagi tubuh. Di Indonesia terdapat 3 macam teh yaitu teh hijau, teh hitam dan teh putih. Dari ketiga teh tersebut teh hijaulah yang paling baik, karena prosesnya yang berbeda. Teh hijau dikeringkan dengan pengering khusus dan bukan dikeringkan dengan menjemurnya langsung.

Teh hijau minuman multi khasiat 
Bagi yang ingin diet, teh menjadi salah satu pilihan. Salah satu manfaat teh hijau adalah untuk menurunkan berat badan. Jika memiliki tingkat kholesterol yang tinggi maka mengkonsumsi teh adalah salah satu cara untuk menguranginya. Teh juga akan melancarkan aliran darah sehingga tubuh anda menjadi lebih segar.

Tips meminum teh hijau
Biarkan teh hijau larut selama 10 menit. Teh hijau memiliki sedikit theine (mirip caffein yang ada di dalam kopi). Bila ingin mengurangi kadarnya, celupkan teh hijau ke sedikit air panas selama 1 menit lalu buang airnya. Selanjutnya celup ke air di dalam cangkir yang akan anda nikmati. Jangan dicampurkan dengan susu karena efeknya dapat dinetralisir oleh susu.
Hindari minum teh hijau sehabis makan, karena penyerapan zat besi dalam usus dikurangi oleh teh teh hijau.
Akan lebih baik jika teh dikonsumsi tanpa menggunakan gula karena gula akan mengurangi jumlah kandungan yang terdapat dalam teh. Jika kandungan dalam teh berkurang, secara otomatis khasiatnya juga akan berkurang. Sebaiknya dihindari meminum teh sebelum makan atau meminum teh dalam keadaan perut kosong. Hal ini akan menyebabkan asam lambung anda meningkat.
Sebenarnya meminum teh setelah makanpun tidak dianjurkan karena kandungan pada makanan akan dirusak oleh stimulan teh. Cara menyeduh teh juga penting untuk diperhatikan agar anda dapat merasakan khasiat teh secara maksimal.
Seduhlah teh dengan air mendidih dengan suhu 80C. Jika merasa bosan dengan rasa teh maka anda bisa mencampurnya dengan susu atau lemon untuk memberi sensasi yang berbeda. Selamat menikmati



Waduhhhhhhhhhhh capeeeeeeenya,  ndak terasa ternyata ketikannya banyak juga ya heheheh. Udah malam lagi, waktu menunjukkan pukul 0:25 saatnya merebahkan diri. Hooooaaaaaaammmmmm...
waktunya tarik selimut dulu ahhhhhhh....see u next time...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar