Kamis, 24 Januari 2013

Lakukan Gaya Hidup Sehat, Sekarang!

Tahukah anda, banyak kebiasaan hidup sehat yang bisa dilakukan untuk membuat hidup lebih berarti.

Bagaimana untuk hidup? Ternyata mudah, apalagi kita yang selalu sibuk dengan aktivitas, rawan dengan gangguan kesehatan. Nah, ternyata ada kebiasaan sederhana yang bisa kita lakukan sehari-hari agar membuat kita sehat. Misalnya dengan melakukan aktivitas olahraga meskipun ringan, mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, membiasakan hidup bersih merupakan cara hidup sehat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.
Stres, terlalu lelah dan kurangnya istirahat tentu bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Nah untuk mengimbanginya maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan diantaranya:


Melakukan Olahraga
Ada banyak manfaat yang dihasilkan dengan melakukan aktivitas olahraga diantaranya meningkatkan kemampuan tubuh untuk memerangi inveksi, meningkatkan stamina tubuh agar tidak mudah loyo, melatih tubuh agar selalu bugar menjaga kesehatan fisik, menjaga kesehatan saluran pencernaan, membakar lemak. untuk melakukannya, coba saat-saat libur sebelum keluar rumah, bisa berlari-lari kecil di sekitar taman.

Konsumsi Makanan Bergizi
Apa yang kita makan mempengaruhi kesehatan tubuh, perhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang bernutrisi baik setelah nasi dan lauk pauk.
Sayur-sayuran memiliki berbagai sumber vitamin, mineral dan senyawa alami yang dapat melindungi tubuh dari penyakit. Sementara itu buah-buahan mengandung zat yang berkhasiat untuk merawat kecantikan, menjaga kesehatan, dan membuat awet muda.
Bahkan berdasarkan penelitian, orang-orang yang hidup di daerah tropis lebih terlihat awet muda dibandingkan dengan orang-orang yang hidup di daerah barat.

Menjaga Kebersihan
Seperti yang kita ketahui bahwa sumber-sumber dari segala penyakit adalah lingkungan yang tidak bersih, kebersihan bisa diawali dengan membersihkan diri sendiri dengan melakukan mandi secara rutin dua kali sehari dengan menggunakan sabun mandi sesuai selera. Atau banyak sabun mandi anti bakteri.
Setelah itu jagalah kebersihan lingkungan sekitar kita dimulai dari membersihkan kamar sendiri dengan baik, merapikan dan menatanya agar selain bersih juga nyaman untuk ditinggali, kemudian kita bisa beranjak untuk menjaga kebersihan rumah dan halaman. Tentu hal tersebut akan sangat membantu kita dalam menjaga kesehatan, dan merupakan salah satu cara hidup sehat yang baik.

Melakukan Rekreasi
Rekreasi bisa kita lakukan untuk memulai cara hidup sehat yang baik, dengan melakukan kegiatan jalan-jalan atau bertamasya ke tempat-tempat yang cocok untuk dikunjungi, dan bisa dilakukan beberapa waktu sekali.
Contoh seminggu sekali, atau bahkan sebulan sekali, dengan berjalan-jalan bersama teman atau pergi ke tempat yang sejuk dan segar yang dipenuhi dengan dedaunan hijau.
Berkunjung ke rumah saudara di tanah air ternyata juga bisa merubah perasaan menjadi lebih bahagia serta menyenangkan. Perasaan yang selalu bahagia dan ceria tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan. Mudah bukan untuk sehat?

2 komentar: